Senin, Oktober 06, 2008

Saling Bantu untuk Meningkatkan Karir

Politik kantor sering berkonotasi negative. Tetapi kisah berikut ternyata tidak demikian.

Heri dan Anton adalah masing masing manager pemasaran dan manager operasional di suatu bank di Malang. Suatu ketika, Heri dipanggil ke kantor pusat Jakarta. Setelah melakukan presentasi mengenai bidang pemasaran, direktur Bank tersebut bertanya tentang kemajuan operasional bak tersebut.

Dengan antusias, Heri menjawab “Wah, bagus sekali perkembangannya, Pak Anton sebagai manager opersional benar benar menguasai bidangnya Pak. Jika suatu hari Bapak memerlukan kepala cabang yang baru, maka saya rekomendasikan Pak Anton sebagai calon terbaik untuk mendudukinya”.

Dua minggu kemudian giliran Anton menghadiri rapat di kantor pusat membahas teknologi IT terbaru guna memperlancar operasional bank. Setelah meeting selesai, kembali Direktur Utama Bak itu bertanya perkembangan pemasaran ATM di cabang Malang.
Anton pun menjawab dengan lancar ”Di Malang, kami berhasil mendapatkan konsumen baru pengguna ATM 4 kali lebih banyak dibanding tahun lalu saat sebelum Pak Heri menjadi manager Pemasaran. Kalau saya jadi Bapak, maka tanpa ragu ragu lagi bila ada posisi Kepala Cabang yang lowong saya pasti menempatkan Pak Heri disana, Pak”

Dan 6 bulan kemudian, kedua orang ini sudah menjadi Kepala Cabang Bank tersebut di Bandung dan Semarang.

Ternyata, sejak jauh jauh hari sebelumnya, kedua manager itu telah bersepakat untuk selalu memberikan info positif kepada atasan mereka jika suatu saat mereka ditanyakain pendapatnya mengenai kinerja masing masing


Tidak ada komentar: