Minggu, Agustus 31, 2008

Menyusun Target dalam Puasa Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan.
Sejak dulu sewaktu penulis masih kecil hingga sekarang, dalam setiap taraweh ada saja pemberi kultum membahas mengenai tingkatan puasa. Bahwa ada 3 tingkat puasa. Puasa orang awam, puasa tingkat khusus dan puasanya para wali dan nabi. Muslim umumnya dikelompokkan pada katagori 1 menuju ke 2. Dan memang seperti itulah kondisi umat islam saat ini. Mungkin kurang dari 5 % dari kita yang pernah secara sadar merencanakan sejak awal puasa apa apa yang harus dilakukan agar ibadah puasa kita tidak menjadi ibadah yang biasa biasa saja. Yang masuk ke kategori pertama.

Dalam 1 bulan ramadhan ke depan, kita mau tidak mau harus puasa. Karena itu adalah kewajiban, masuk ke rukun Islam. Tidak puasa, berarti tidak sempurna iman seorang muslim. Jika kita hanya melaksanakan puasa sebagai gugur kewajiban saja, alangkah terbuangnya waktu dan tenaga kita. Ada baiknya kita juga menetapkan target apa yang ingin kita capai dan kita lakukan setelah melewati bulan yang penuh berkah ini.

Salah satu caranya adalah kita harus memiliki tujuan dari puasa ini. Apa yang kita inginkan setelah berpuasa 30 hari non stop. Kemudian dari tujuan ini kita tentukan langkah dan rencana apa saja yang harus kita lakukan untuk mencapai tujuan itu.

Misalnya kita pasang target untuk selalu sholat taraweh tanpa terputus, menghabiskan mengaji Al Quran sebanyak 15 juz dalam sebulan, selalu berjamaah dalam sholat wajib, dan target lainnya. Dengan adanya guideline yang kita buat sendiri, semestinya akan mendisiplinkan kita beribadah selama bulan ramadhan ini.

Usahakan tujuan dan keinginan kita itu tertulis. Beritahukan apa yang anda inginkan dengan orang terdekat, keluarga atau teman. Agar mereka bisa menegur kita apabila melenceng dari yang kita inginkan.

Selamat Berpuasa. Be Better Person.

1 komentar:

Mr. Success mengatakan...

maaf ni bang wahyu, mau nanya nih, gimana ya cara download ebook gratis yang ada di link anda,..?