Selasa, September 02, 2008

Peluang Usaha ada dimana mana

Seringkali dalam memulai suatu usaha, hambatan mental yang selalu timbul adalah sulit menemukan peluang bisnis baru. Yang selalu terlihat adalah sepertinya semua macam bisnis sudah ditangani oleh orang lain. Hampir tidak ada lagi peluang bisnis bagi anda. Atau kalaupun ada, perlu modal yang besar, kurang ada kenalan yang bisa buka order dan alasan klasik lainnya. Padahal peluang usaha sangat banyak dan terbuka lebar, tepat di depan anda.

Camkanlah prinsip berikut. Semua yang terlihat sebenarnya merupakan sudah menjadi sumber uang bagi orang lain. Uang adalah sebuah konsep/ide. Konsep yang anda berikan pada sebuah produk atau jasa sehingga mempunyai nilai tambah. Dan jika orang lain tertarik atau butuh dengan adanya nilai tambah itu, maka dari sinilah uang mengalir.

Coba anda perhatikan disekitar anda. Misalnya ada 2 orang anak sekolah mengendarai motor. Anda perhatikan semua barang dan jasa yang menempel pada ke dua remaja itu. Helm, seragam sekolah, motor, sepatu sampai ke model rambut, sebenarnya adalah penghasil uang bagi orang lain yang telah memanfaatkannya. Mulai dari pembuat dan pedagang helm/motor/seragam/sepatu hingga tukang cukur rambut yang memangkas rambut mereka. Belum lagi penerbit buku sekolah, pedagang di kantin, guru, petani karet sebagai bahan baku ban motor, dan masih banyak lainnya. Kesemua mereka ini telah memberikan nilai tambah dari barang baku menjadi barang siap pakai.

Anda bertemu banyak orang setiap hari bukan ? Jadi masih kesulitan mencari ide usaha ?


2 komentar:

Happy Nice Resto mengatakan...

bagus sekali, setiap apa pun yang dilihat akan jadi peluang, tetapi apa semua peluang bisa dimulai oleh setiap orang? bagaiman dengan keterbatasannya sendiri?

ismunandar mengatakan...

Pwluang memang ada di mana-mana. tapi untuk memulainya orang terkadang malas, ragu-ragu, takut terjadi hal-hal yang tak diiinginkan dll. memang mental bangsa kita belum seperti mental bangsa-bangsa Cina, korea dan jepang. Mental kita adalah mental priyayi (bangsawan jaman dulu).

RM Ismunandar C
www.penulissukses.?id=raden