Minggu, September 21, 2008

Belajar Self Development Gratis di Internet

Banyak situs di internet yang bisa menjadi sumber bagi anda untuk terus menerus belajar mengembangkan kemampuan leadership, public speaking, success coaching, management dan area self development lainnya secara GRATIS. Berikut ini adalah tip dan trik untuk menemukan ebook, audiobook, atau video bertema hal tersebut.

Anda sebenarnya bisa membeli banyak buku di tokobuku atau download berbayar dari situs ebook resmi, tapi seberapa besar dana yang anda miliki ? Di Internet, jika anda jeli menggogling, ratusan ebook maupun audiobook dapat anda download tanpa bayar, meskipun tentu saja ini termasuk ebook bajakan. Tapi mau apa lagi ? sementara ini berhubung dana yang anda miliki terbatas dan hasrat untuk terus belajar dan maju sudah tak tertahankan lagi, cara ini sementara bisa digunakan.

Prinsip untuk mendowload ebook, video, audiobook gratis sebenarnya sangat mudah. Seiring dengan perkembangan free server yang menyediakan space gratis, banyak para penggunanya - terutama di luar Indonesia - yang mensharing koleksi ebook ebook di server tersebut misalnya www.rapidshare.com, www.filefactory.com, www.depositfiles.com, www.mihd.net, www.ziddu.com, www.4shared.com, www.mediafire.com, dll. Yang harus anda lakukan adalah mencari web tertentu dimana link file tersebut berada. Setelah itu masuk ke situs free upload server tersebut dan klik…download lah sesuka anda. Hanya perlu diperhatikan bahwa masing masing server memiliki cara dan aturan sendiri dalam mendownload file yang dimaksud. Terkadang anda diminta untuk menunggu selama beberapa detik. Apalagi jika anda menggunakan layanan Free atau gratisan. Walau gratis, dan hasilnya juga cukup memuaskan.



Kunci utamanya adalah keterampilan anda melakukan googling. Makin banyak jam terbang anda makin cepat anda mendapatkan buku yang diidam idamkan. Berikut adalah beberapa tips =
Masukkan ke google.com
Jika anda belum mengetahui kira kira judul buku apa yang anda ingin download cari di amazone.com. Misalnya ingin mencari mengenai public speaking, googling dgn keyword ”public speaking site:amazone.com”.
Pilihlah salah satu judul dari amazone.com dan copy paste ke google. Misalnya anda memilih buku bryan tracy, speaking to win.
tambahkan dengan keyword salah satu free server diatas sehingga menjadi “public speaking rapidshare” atau “public speaking mihd.net” atau lainnya
Perhatikan hasil pencarian. Biasanya yang paling utama muncul adalah web yang melink ke web sebenarnya yang menyediakan link rapidshare. Jadi hindari mengklik web rapidlibrary.com, rsfind.com, dan sejenisnya yang hanya akan membuat anda dihasruskan menginstall sesuatu yang belum tentu aman.
Hanya klik website diluar web point 5 tersebut. Lalu anda akan menemukan link ke server hosting. Misalnya di http://www.rapidshare/files/
Dan silahkan download sesuai perintah di masing masing website itu.


Selain dengan googling, jika anda jeli anda akan menemukan banyak blog dan forum yang memiliki thread khusus tukar menukar informasi mengenai ebook. misalnya http://findebooks.blogspot.com/, http://ebook-portal.blogspot.com/, blog.planetebook.com, http://www.ebookee.com/, http://onno.vlsm.org/, dll
Untuk hasil yang lebih banyak anda gunakan keywor free ebook blog

Anda bisa juga mencari di forum forum yang menyediakan thread khusus ebook contohnya kaskus.us, blueforum.org dll lainnya. Misalnya anda ingin mencari buku Robert T Kiyosaki. Masuk ke google.com, kemudian carilah dengan kata pencari = Robert T Kiyosaki ebook site:kaskus.us. Jika anda sudah menjadi anggota kaskus.us ini silahkan langsung klik halaman yang ada dan log in. Tetapi jika anda belum ter daftar sebagai anggota, klik saja link chaced atau Tembolok di bagian bawah, dan akan muncul halaman yang anda inginkan. Disana biasanya sudah ada link khusus.

Tidak ada komentar: