Kamis, September 04, 2008

Mudah menghitung angsuran pinjaman dengan Loan Calculator

Adalah lebih menguntungkan mengembangkan bisnis dari modal pinjaman bank. Apalagi bunga bank sudah relatif kecil dibanding 2-3 tahun yang lalu. Apalagi, jika hasil bisnisnya dapat membayar angsuran bulanan di bank. Nah, biasanya sebelum meminjam di bank, anda akan menghitung hitung dahulu, seberapa besar kemampuan anda dalam mengangsur. Tidak perlu datang ke bank atau pusing dengan menghitung manual. Tinggal gunakan free software Loan Calculator. Mudah dan Sederhana.

Banyak software untuk menghitung angsuran kredit bank (loan atau mortage) yang ditawarkan di internet. Salah satunya adalah Loan Calculator 1.2. Pertama tama anda harus mendownload software tersebut di http://www.brothersoft.com/loan-calculator-download-34649.html

Data yang anda perlukan adalah jumlah yang ingin anda pinjam dan bunga bank tempat anda meminjam.

Misalnya anda ingin meminjam Rp. 100 juta dengan bunga pinjaman 11.5 % per tahun.
Buka software Loan Calculator 1.2
1. Masukkan angka 100000000 sebagai pinjaman anda pada kolom Loan amount
2. Masukkan berapa tahun anda akan mencicil, misalnya 10 tahun ke kolom loan length
3. Masukkan angka berapa persen bunga bank pertahun. Misalnya 12 % per tahun, maka masukkan angka 12 di annual interest rate.
3. Pada kolom Repayment Frequency, jika anda membayar bulanan maka pilih Monthly, atau tahunan Annualy, atau option lainnya. Biasanya di Indonesia Bank memberlakukan sistem bulanan




Screen shoot


Maka akan muncul hasil perhitungan pada Loan Summary
Period Payment : 1,434,709.48
Artinya dalam 1 bulan (periode pembayaran) cicilan anda Rp. 1,4 jutaan
Total Paid : 172,165,138.08
Artinya, dalam 10 tahun anda akan membayar sebanyak Rp. 172 jutaan dari total pinjaman awal anda sebesar Rp. 100 juta
Total Interest : 72,165,138.08
Artinyatotal bunga yang anda bayar selama 10 tahun adalah rp. 72 jutaan
Total Period : 120
Adalah total periode anda sebanyak 10 tahun (120 bulan)

Anda bisa melakukan simulasi dengan merubah rubah parameter di Loan Parameter yakni Loan amount (jumlah pinjaman), Loan Length (berapa lama anda akan meminjam), Annual Interest Rate (bunga bank per tahun), dan Repayment frequency (cara pembayaran anda: bulanan, 2 mingguan atau lainnya) Umumnya bank di Indonesia menerapkan sistem bunga majemuk, sehingga hasil nya akan sama bila menggunakan software ini. Tetapi beberapa bank menerapkan sistem lain sehingga hasilnya terkadang angsuran yang harus kita bayarkan lebih besar dibanding bila menggunakan loan calculator ini.

Selamat mencoba, selamat bersimulasi, dan selamat meminjam di bank untuk membangun bisnis anda. Salam Sukses.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Download Program Finance Tools V414 - Support anuitas, flat, sliding. Masuk ke menu debitur creditur. Perhitungan otomatis, dengan otput lengkap tabel dan grafik.