Minggu, September 07, 2008

Kiat Sukses Presentasi Dadakan

Public speaking, pidato, sambutan, presentasi atau apapun namanya, bila mendadak anda diminta berbicara di depan banyak orang , tentu cukup mengeluarkan keringat dingin. Mau menolak, tidak mungkinlah rasanya. Terkadang presentasi dadakan ini berpengaruh terhadap masa depan karir atau penjualan anda. Tetapi jangan khawatir. Kabar baiknya, public speaking termasuk learnable skill. Keahlian yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Berikut ini adalah tips singkat yang berpidato membuat audience menganggap anda sangat brilian dan sudah mempersiapkan pidato anda dengan baik. Walaupun waktu persiapan sebetulnya tidak kurang hanya 10 menit.

1. Percaya diri.
Yakinlah bahwa anda diminta berbicara ke depan karena anda dianggap memiliki kemampuan atas apa yang anda bicarakan. Menunjukkan kegugupan dan keresahan hanya akan membuat audience juga resah dan tidak konsentrasi kepada apa yang anda utarakan. Cintailah penampilan dan gerakan tubuh anda. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri anda. Love and respect your self, and audience will follow. Jika anda berhasil mengelola rasa PD anda, 80 % dari presentasi anda sudah berhasil.

2. Pembukaan yang meyakinkan
Anda harus dapat membuat hadirin segera mefokuskan diri terhadap anda. Jangan biarkan audiens memikirkan mengenai rumahnya, kendaraannya yang belum dipajak, ada tugas yg belum selesai, dll. Tugas anda pertama kali adalah membuat suasana sedemikian rupa untuk mengembalikan perhatian semuanya hingga tertuju 100 % kepada anda. Ada banyak cara yang dilakukan untuk pembukaan yang elegan. Misalnya dengan metode diam sesaat selama beberapa detik, metode cerita, dan metode lainnya.
Lupakan kata kata kuno seperti “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, maaf sebelumnya saya sebenarnya baru saja ditunjuk untuk mewakili tuan ruma ..dsb…dsb”. Cara pembukaan pidato seperti ini tidak akan membuat orang lain memperhatikan anda.
Jika dalam 1-2 menit pertama perhatian audience tidak tertuju ke anda, berarti anda telah gagal dalam presentasi.

3. Tekankan apa yang ingin anda sampaikan pada sesi isi presentasi.
Ada banyak tehnik dalam mengolah inti dari pesan anda. Misalnya dengan metode clock. Dimana anda memulai dengan membandingkan antara waktu dahulu sekarang dan masa depan. Anda akan mengatakan ”Zaman Dahulu, untuk berkomunikasi manusia harus berpergian, saat ini.... di masa yang akan datang.......”

4. Buat penutupan yang menarik.
Dalam penutupan ringkaskan apa yang sudah anda utarakan jangan lupa apa yang anda inginkan dari audience untuk dilakukan berkaitan dengan presentasi anda. Apakah audience harus melakukan order, menelpon keluarganya, membeli polis asuransi, dll.


Selamat ber presentasi. Yakinkan audience bahwa anda sangat brilian dan sudah mempersiapkan pidato anda dengan baik. Meskipun waktu presiapan sebetulnya cuma 10 menit.

Di blog ini disediakan Kategori khusus Public Speaking sebagai sharing pengetahuan, metode praktis, meningkatkan kepercayaan diri saat presentasi, dll.




Tidak ada komentar: